Menghemat Quota Paket Data Internet di Android

Standar

Hemat pangkal kaya, begitu kata pepatah lama. Ada benarnya juga lho kalo diterapkan di gadget, seperti menghemat quota paket data untuk koneksi internet. Contohnya, misal ada pilihan paket quota dan unlimited, harga paket quota adalah 50.000 untuk 1 GB dan berlaku 1 bulan, lalu paket unlimited 90.000 untuk threshold 1 GB. Kalo mau menghemat penggunaan paket data maka smartphone kita bisa hidup hanya dengan 50.000 per bulan.

Biasanya paket internet berbasis quota harganya lebih murah, soalnya kalo udah habis jatah paketnya nggak bisa tersambung internet lagi. Seperti contoh di atas, paket quota 1 GB bisa sangat cukup digunakan sebulan, tapi kita harus benar-benar menghemat penggunaannya. Berikut tips menghemat quota paket data internet biar bisa nabung makin banyak. :P

1. Matikan koneksi internet saat tak digunakan

Waktu tidur nggak dipakai kan koneksi internetnya? Nah, matikan saja koneksi internetnya, kan mubazir juga notifikasi dari Facebook, Email, atau Twitter masuk saat kita tidur. Selain itu, ini juga akan menghemat baterai. Cara paling praktis adalah dengan widget tombol switch koneksi paket data, ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai, atau biasanya ini sudah jadi widget bawaan launcher tertentu.

Aplikasi Data Toggle Switch.[/caption’ name=’APP_NAME’ theme=’light’ lang=’en’]

2. Matikan auto-sync yang tak perlu

Ada banyak pilihan untuk auto-sync, akun Google sendiri punya beberapa layanan, sebaiknya pilih yang penting-penting saja, misalnya Contacts, Gmail, dan Calendar.

3. Matikan auto-update Google Play Store

Hal ini sering banget kurang diperhatikan, karena secara default pilihan auto-update ini tercentang. Pilihan lainnya adalah auto-update ketika menggunakan koneksi WiFi saja. Ini akan menhemat quota banyak sekali karena ukuran aplikasi Android lumayan besar, apalagi kalo games.

4. Bijaklah, foto dan video itu membutuhkan quota besar

Melihat konten foto dan video – entah itu melalui browser atau aplikasi jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram – membutuhkan quota paket data yang cukup besar, jadi bijaklah, jangan terlalu sering membuka konten foto/gambar dan video.

5. Gunakan aplikasi pendukung

Ada banyak aplikasi pendukung untuk menghemat quota paket data, salah satu contohnya Juice Defender yang memiliki fitur otomatis mematikan koneksi paket data ketika layar terkunci.

6. Atur batas penggunaan paket data

Android versi 4 ke atas sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus membatasi penggunaannya. Aturlah pengingatnya sesuai dengan quota paket internet, misalnya kamu punya quota 1 GB, maka pasang pengingat pada level 500 MB lebih dulu, lalu setelah kena peringatan lagi naikkan jadi 800 MB.

Untuk kamu yang belum menggunakan Android versi 4 ke atas, silakan gunakan aplikasi tambahan seperti Traffic Monitor dan Data Lock.

Semoga bermanfaat! :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s